Tuesday, January 22, 2013

ZAT BAHAYA APA SAJA YANG TERKANDUNG DI MIE INSTANT ?


ZAT BAHAYA APA SAJA YANG TERKANDUNG DI MIE INSTANT ?



Makanan Mie instan sudah bukan makanan asing lagi bagi kita. Hampir tiap orang mengkonsumsinya, atau malah sudah menjadi makanan wajib sehari-hari. Apalagi biasanya anak perantauan yang kost dan jauh dari orang tua, seringkali memakan mie instan di karenakan biayanya murah dan praktis dalam memasaknya. dan banyak yang berdalih bahwa itu lebih hemat di banding membeli makanan lainnya,,,,, 
Tapi tahukah Anda bahwa Bahaya Makan Mie Instan selalu mengancam? Kebiasaan memakan mie instan biasanya ketika makanan utama yakni nasi sudah habis. Memakan mie instan dianggap lebih praktis dan cepat. Hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari lima menit mie sudah siap disantap. Walau kebiasaan memakan mie instan dibilang jelek, tetapi masih banyak orang yang makan mie instan. Bahkan tidak jarang yang bersikap acuh dan cuek akan bahaya yang mengancam tersebut. Budaya hidup sehat masih belum bisa dijalankan oleh semua orang. Paling tidak kita sendiri memulai hidup sehat.
Bahaya Mie Instan bagi kesehatan tubuh - Bagi anda yang hobi mengkonsumsi Mie Instan sebaiknya mulai mengurangi atau menghindarinya. Apalagi mie instan sangat berbahaya bagi ibu hamil,,,,,
Admin akan sedikit membahas Bahaya apa saja yang bisa diakibatkan oleh Mie Instan ,antara lain sebagai berikut :
1. Mie Instan mengandung lilin
Mengapa mie instant mengandung lilin? Karena Kandungan lilin tersebut yang membuat mie tidak lengket satu sama lain. Sementara itu tubuh kita mengalami kesulitan untuk mencerna zat lilin tersebut. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna lilin sekitar 2 hari. Hal ini yang bisa menyebabkan ganguan kesehatan pada pencernaan dan bahkan bisa berujung pada pembentukan sel-sel kanker.

2. Mengandung Natrium berlebih yang berbahaya untuk penderita Maag dan Hipertensi
Mie Instan juga mengandung Natrium yang cukup tinggi. Natrium ini berbahaya bagi penderita Maag. Hal tersebut dikarenakan kandungan natrium yang tinggi bersifat menetralkan lambung sehingga lambung akan mensekresi asam yang lebih banyak untuk mencerna makanan. Akibatnya, asam lambung akan naik dan terjadilah pengikisan dinding lambung. Untuk penderita hipertensi, kandunagn natrium ini cukup berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Mengandung MSG atau vetsin.
Permasalahanya terdapat pada media mikrobial, yaitu media yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme yang berfungsi memfermentasi bahan baku vetsin. Bukan hanya itu terdapat pula bahan penggurih yang berupa HVP dan Yeast Extract. HVP atau hidrolized vegetable protein adalah jenis protein yang dihidrolisasi dengan asam klorida ataupun dengan enzim. Hal yang patut dipertanyakan adalah sumber enzim. Apakah berasal dari hewan, tumbuhan atau mikroorganisme. Kalau hewan tentu harus jelas hewan apa dan bagaimana penyembelihannya. Sedangkan yeast extract yang menjadi titik kritis adalah asam amino yang berasal dari hewan.

4. Bahan penambah rasa
Biasanya mie yang dijual tersedia dalam berbagai rasa, biasanya menggunakan flavor. Bahan inilah yang akan memberi rasa mie, titik permasalahanya terdapat pada sumber flavor. Jika flavor bersumber dari hewan, tentu harus jelas jenis dan cara penyembelihannya. Apalagi flavor yang berasal dari rambut  maupun bagian lain dari tubuh manusia, statusnya tentu saja haram.

Note :
Hal tepenting yang harus anda perhatikan “Peringatan bagi kita semua bahwa Mie Instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung didalamnya bila dimasak diatas suhu 120°C akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker. Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus Mie Instan, semua menganjurkan agar masak mie dulu baru ditaburi bumbu atau bumbunya di taruh di mangkok”


# Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,,,,,,,,

No comments:

Post a Comment

Simple Tapi Mengesankan,,,,,,,

Popular Posts

Followers