Tuesday, January 22, 2013

MAKANAN YANG BOLEH & TIDAK DIKONSUMSI KETIKA HAID


MAKANAN YANG BOLEH & TIDAK DIKONSUMSI KETIKA HAID





Siklus menstruasi merupakan hal yang wajar dialami perempuan setiap bulan. Selama periode, perempuan cenderung kehilangan banyak darah yang dapat berkontribusi pada semakin rendahnya zat besi sehingga menyebabkan sakit kepala dan lemas. Biar tak terjadi, sebaiknya para perempuan mencermati makanan apa saja yang dimakan agar terhindar dari segala permasalahan menstruasi. 

Menstruasi sering kali menyiksa sebagian besar wanita. Perut keram, mual, emosi naik turun dan nyeri kepala merupakan gejala yang seringkali dialami. Beberapa jenis makanan dan minuman diyakini dapat memberikan pengaruh baik pada siklus menstruasi. Namun ada beberapa makanan juga yang sebaiknya dihindari. Seperti yang dikutip berikut makanan dan minuman yang boleh dan jangan dikonsumsi saat haid. :

1. Makan Yang Mengandung Karbohidrat
makanan yang terbuat dari gandum adalah teman terbaik Anda sepanjang waktu, terutama saat haid. Gula dari buah dapat bantu mengurangi ketagihan akan gula."

2. Minuman Yang Mengandung Kafein
Tidak mengonsumsi kafein dapat bantu megurangi kembung di perut. "Kafein dapat meningkatkan asam lambung dan bisa berakibat buruk pada usus yang sensitive.contohnya coffe,,,, mungkin sebaiknya anda mengurangi meminum coffe disaat haid

3. Makanan Berkalsium Tinggi
Menurut ahli gizi wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium tiap harinya. "Beberapa sumber kalsium yang baik adalah brokoli dan yogurt."

4. Jangan Makan Terlalu Banyak Garam
Garam yang berlebihan dapat membuat perut kembung. Disarankan sebaiknya mengonsumsi garam 2.300 mg tiap harinya atau setara dengan 1 sendok teh garam. "Cara terbaik mengurangi garam adalah dengan tidak memakan junk food yang mengandung tiga sampai empat sendok garam untuk satu makanan.
Ketika Anda sedang menstruasi, fluktuasi hormon cenderung berkontribusi pada retensi air, sehingga menyebabkan kembung. Untuk mencegah ini, konsumsilah makanan rendah natrium, seperti buah dan sayuran segar. Hindari makanan tinggi natrium, seperti kentang goreng, sosis, pizza, makanan beku dan kalengan, yang dapat menarik air ke jaringan.

5. Makan Chocolate
sepotong chocolate dengan kandungan biji kakao 60% atau lebih setiap hari selama haid dapat menahan nafsu makan. Selain itu, chocolate mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan serotonin, yang bergunan memperbaiki mood Anda.

6. Banyak Meminum Air Mineral
meminum lebih banyak air akan bantu tubuh menyimpan air dan menurangi kembung. "Tubuh Anda menyimpan air karena takut tidak mendapatkan cairan yang cukup. Jadi, jika Anda meminum air, maka air yang 'ditahan' akan berganti dan dikeluarkan tubuh."

7. Makanan Kaya Manesium
"Makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang, tahu dan kacang tanah diperkirakan dapat mengurangi kembung ketika sedang menstruasi,

8. Jangan Lupa Mengonsumsi Vitamin
Megonsumsi vitamin saat haid memang sangat disarankan,contohnya saja Vitamin E dapat bantu menghilangkan beberapa gejala PMS. Vitamin C dan zinc dapat menjaga kesehatan sel telur dan sistem reproduksi. Jadi tak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi jeruk dan strawberry.

9. Zat besi
Tubuh memerlukan zat besi dalam sel darah merah untuk transportasi oksigen, di mana jaringan tubuh Anda memerlukanya agar tetap berfungsi dengan benar. Tanpa zat besi yang cukup dalam makanan harian, Anda dapat mengalami kelelahan, kinerja mental yang lambat dan suhu tubuh

Linoleat dan asam liblenic
Ketika Anda sedang menstruasi yang paling sering dialami adalah kram rahim. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan prostaglandin yang merupakan bahan kimia yang dapat meningkatkan kontraksi. Makanan yang mengandung asam linoleat dan liblenic dapat membantu untuk berkontribusi relaksasi otot saat sedang haid, seperti sayuran dan ikan.
Tinggi lemak
Makanan olahan yang dibuat dengan gula dan makanan tinggi lemak dapat berkontribusi pada gejala haid tidak nyaman, termasuk kembung dan kram. Untuk mengatasi ini, hindari makanan digoreng dan makanan siap jadi yang cenderung memiliki nilai gizi rendah. Karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna lemak dibandingkan zat lain, maka lemak berlebih dapat berkontribusi pada kram perut. 

#Makanan Yang Sehat Akan Menjadikan Kita Sehat,,,,,,
   Mensyukuri Nikmat Yang Di Beri Tuhan Adalah Hal Yang Indah,,,,,,,

Simple Tapi Mengesankan,,,,,,,

Popular Posts

Share It

Follow by Email

Followers