Friday, January 18, 2013

GORENGAN TERNYATA MENGANDUNG RADIKAL BEBAS YANG BERBAHAYA BAGI KESEHATAN


GORENGAN TERNYATA MENGANDUNG RADIKAL BEBAS YANG BERBAHAYA BAGI KESEHATAN


Admin akan mengulas sedikit tentang “GORENGAN”, gorengan termasuk junk food, yang berarti makanan sampah. Dan anda tahu ternyata dalam gorengan begitu banyak efek negatif bagi kesehatan manusia, jika gorengan dikonsumsi dalam batas kewajaran dan terus menerus maka akan berdampak negative pada tubuh. Sayangnya, di Indonesia  justru gorengan menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat

Bagian paling penting dari makanan memang adalah rasanya. Sebanyak apapun manfaat yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia, tapi rasanya tidak enak di lidah, maka tidak akan dilirik oleh orang. Itulah tantangan bagi pelaku industri pangan, untuk tidak hanya mengutamakan profit, tapi juga bagaimana menciptakan pangan fungsional yang enak.



Memang kita sebagai orang Indonesia tidak bisa benar-benar menghindari gorengan, dan yang bisa kita lakukan adalah mengurangi kuantitasnya saja. Dan memang tubuh kita juga membutuhkan lemak dalam jumlah tertentu yang bisa kita dapatkan (salah satunya) dari gorengan yang kita makan. Jadi boleh-boleh saja makan gorengan, asal tidak berlebihan.

Admin menyarankan agar anda Makanlah gorengan hanya buatan sendiri saja. Membeli gorengan sembarangan, apalagi di pinggir jalan, peluang aman dan sehatnya akan semakin kecil. apalagi jika anda tidak sengaja membeli dari salah satu pedagang Gorengan yang curang di pinggir jalan,mereka menambahkan plastik untuk menggoreng agar gorengan yang dihasilkan memiliki kerenyahan yang lebih lama. Belum lagi terkontaminasi dengan debu dan asap kendaraan di jalanan. Maka memang lebih aman memasak gorengan sendiri, walau lebih repot.

Jika memasak sendiri juga anda akan lebih paham berapa kali seharusnya minyak goreng anda pakai berulang. Idealnya memang sekali atau dua kali dipakai kemudian dibuang dan diganti dengan yang baru. Tapi saya paham, sepertinya berat melakukannya, apalagi harga sembako yang semakin akan melonjak nanti.

 Saran admin imbangi dengan memakan pangan dengan kandungan antioksidan tinggi. Gorengan memiliki kandungan radikal bebas yang tinggi, keberadaan radikal bebas akan menyebabkan kanker dalam tubuh. jika antioksidan dalam tubuh seimbang, maka antioksidan ini akan menjadi tameng bagi sel tubuh yang akan diserang radikal bebas. Peluang terkena kanker menjadi semakin kecil. Makanan dengan antioksidan yang tinggi adalah buah-buahan dan sayuran. Oleh sebab itu jangan lupa selalu mengonsumsi buah buahan dan sayuran agar terhindar dari radikal bebas, selain itu buah dan sayuran juga berfungsi sebagai serat tubuh dan baik untuk kesehatan.

jangan menyimpan gorengan dalam waktu yang lama. Gorengan adalah makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak. Salah satu sifat minyak adalah rentan terkena oksidasi karena adanya oksigen dan cahaya. Oksidasi akan menyebabkan gorengan memiliki bau yang tidak sedap. Lebih parah lagi, kandungan asam lemak bebas sebagai radikal bebas akan meningkat. Maka semakin lama anda menyimpan gorengan, semakin tidak sehatlah ia. Bukankah memakan gorangan itu lebih nikmat ketika masih hangat? Makanlah gorengan segera, jangan disimpan untuk besok. tiriskan gorengan seoptimal mungkin. Bagi manusia, konsumsi normal minyak perhari adalah sebanyak 2-3 sendok teh saja. semakin banyak anda mengkonsumsi minyak, maka lemak tubuh anda akan semakin meningkat. Akibatnya anda akan menjadi semakin besar (baca:obesitas).

Saran admin rutin berolah raga agar lemak di badan bisa terbakar apalagi yang punya berat badan tidak normal. Memang Lemak adalah sumber energi terbesar dibandingkan karbohidrat dan protein, maka gunakanlah untuk melakukan olah raga secara teratur agar lemak tubuh anda terbakar dan berkurang. Dan jangan lupa pilihlah makanan yang halal tentunya, karena makanan yang halal di jamin menyehatkan, menjadi konsumen yang cerdas dan pandai memilih makanan yang bermanfaat dan yang merugikan bagi kesehatan itu penting,,,,,,,,


# Didalam jiwa yang sehat terdapat raga yang kuat,,,,,,,,
   jadilah konsumen yang cerdas, pilihlah makanan yang bergizi 4 sehat 5 sempurna,,,,,,


No comments:

Post a Comment

Simple Tapi Mengesankan,,,,,,,

Popular Posts

Followers